google-site-verification: google816e7bccce52de2f.html

Pengertian Aqiqah Menurut Islam

Jasa aqiqah di Depok akan menyediakan berbagai macam keperluan aqiqah untuk Anda. Tidak hanya menyediakan berbagai keperluan untuk aqiqah, namun kami juga akan mengedukasi Ayah Bunda mengenai aqiqah.

Hal ini patut untuk dilakukan agar Ayah Bunda mengerti serta memahami secara detail mengenai apa itu aqiqah. Sehingga, ketika Ayah Bunda ingin mengaqiqahkan anak-anak Ayah Bunda, Ayah Bunda akan mengerti apa yang harus dilakukan.

Secara umum, tujuan utama dari melaksanakan aqiqah adalah untuk berterimakasih kepada Allah SWT dengan menyembelihkan hewan.

Tentunya, pelaksanaan aqiqah tersebut haruslah sesuai dengan hukum aqiqah dalam Islam, yaitu sesuai dengan dalil serta hadits yang ada dalam Al-Qur’an. Ayah Bunda dapat menyimak penjelasan yang lebih mendetail di bawah ini.

Pengertian Aqiqah

Sebagai informasi, kata aqiqah dalam bahasa Arab berarti melubangi dan memutus. Beberapa ahli mengatakan bahwa arti dari aqiqah tersebut mengacu pada hewan yang akan disembelih.

Mengapa demikian? Sebab, ketika pelaksanaan aqiqah berlangsung, hewan tersebut akan dipotong lehernya. Tidak hanya hewan, namun rambut bayi yang telah lahir juga akan dipotong.

Namun, makna aqiqah secara syariat adalah sebagai tebusan untuk bayi yang telah lahir ke dunia ini.

Selain dua pengertian tersebut, aqiqah menurut istilah agama merupakan sembelihan hewan untuk kelahiran seorang anak baik laki-laki maupun perempuan di hari ketujuh sejak hari kelahiran bayi tersebut.

Adab Aqiqah serta Menyambut Kelahiran Bayi

Bagi Ayah Bunda yang sedang mencari jasa aqiqah di Depok, sangat penting bagi Ayah Bunda untuk mengerti adab saat melaksanakan aqiqah serta menyambut kelahiran si jabang bayi.

Seperti yang telah kami sampaikan di awal artikel, pelaksanaan aqiqah haruslah sesuai dengan syar’i dan harus berpegang pada hadits agar

sesuai dengan apa yang dituntunkan oleh Rasulullah.

Hal ini penting untuk diingat sebab dewasa ini, banyak orang yang mengesampingkan pentingnya mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW. Lalu, apa saja yang harus Ayah Bunda perhatikan? Mari kita simak dibawah ini.

Adzan dan Iqamah di Telinga Bayi

Hal pertama yang patut Ayah Bunda lakukan ketika menyambut bayi yang baru saja lahir adalah membacakan adzan sholat di kedua telinga bayi Ayah Bunda.

Seperti yang dikatakan dari Abu Rafi’ ketika beliau melihat Rasulullah membacakan adzan sholat di kedua telinga Hasan ketika baru saja lahir.

Kemudian, Rasulu

llah menyuruh para sahabatnya untuk melakukan hal yang serupa.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Banyak orang yang lebih mengetahui bahwa aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah bayi tersebut dilahirkan, dan mungkin Ayah Bunda termasuk orang-orang tersebut.

Namun, pada kenyataannya

, pelaksanaan aqiqah tidaklah harus dilaksanakan pada hari ketujuh. Aqiqah dapat dilaksanakan pada hari selain hari ketujuh setelah si jabang bayi dilahirkan.

Abdullah bin Buraid

ah dari ayahnya, menyatakan bahwa Rasulullah bersabda, “aqiqah itu disembelih di hari ke-7 atau hari ke-14 atau ke-21” (HR. Baihaqi juz 9, hal 303). Dilihat dari riwayat hadits tersebut, Ayah Bunda diperbolehkan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ke-7, ke-14, serta hari ke-21.

Akhir Kata

Tentunya, dalam menca

ri jasa aqiqah, Ayah Bunda haruslah teliti. Supaya, ketika hari pelaksanaan aqiqah telah tiba, semuanya akan menjadi sempurna.

Ayah Bunda tidak perlu khawatir, karena dengan jasa aqiqah di Depok, Ayah Bunda akan mendapatkan jasa aqiqah dengan kualitas terbaik serta sesuai dengan syariat islam.

Harga serta menu yang ditawarkan pun beragam sehingga Ayah Bunda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Ayah Bunda.