google-site-verification: google816e7bccce52de2f.html

Syarat dan Ketentuan Hewan Aqiqah Menurut Islam

Apakah Ayah Bunda tahu apa saja syarat dan ketentuan yang harus Ayah Bunda penuhi untuk aqiqah sebelum Ayah Bunda mencari jasa aqiqah Depok?

Jika Ayah Bunda masih belum mengetahui dengan mendetail apa saja syarat dan ketentuannya, maka jangan khawatir, kami akan membantu Ayah Bunda.

Di dalam artikel ini, kami akan membantu menjelaskan kepada Ayah Bunda apa saja syarat dan ketentuan jenis hewan untuk aqiqah anak laki-laki serta perempuan.

Seperti yang Ayah Bunda ketahui, Allah SWT menciptakan kita, manusia, dengan berbeda-beda. Ada laki-laki ada perempuan, ada banyak suku bangsa, ada banyak jenis dan warna kulit, serta yang lainnya.

Untuk itulah, setiap bayi yang telah dilahirkan ke dunia ini, menjadi sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa.

Sebagai bentuk rasa syukur dan terimakasih atas lahirnya si jabang bayi ke dunia, biasanya, orang-orang akan melaksanakan aqiqah atau penyembelihan kambing atau domba.

Ketentuan Melaksanakan Aqiqah

Adapun ketentuan dalam melaksanakan aqiqah yang perlu Ayah Bunda ketahui sebelum mencari jasa aqiqah Depok, sebagai berikut:

  1. Aqiqah dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 sejak si bayi lahir.

  2. Jumlah hewan aqiqah untuk bayi laki-laki adalah dua ekor, sedangkan jumlah hewan aqiqah untuk bayi perempuan adalah satu ekor.

  3. Jenis hewan yang disembelih pada saat melaksanakan aqiqah antara lain adalah kambing maupun domba. Ayah Bunda tidak perlu memperhatikan jenis kelamin dari hewan yang akan disembelih untuk aqiqah.

  4. Rambut dari sang bayi disunahkan untuk dicukur saat prosesi aqiqah berlangsung. Ayah Bunda juga disunahkan untuk memberi nama pada saat aqiqah berlangsung.

Jenis dan Syarat Hewan Aqiqah

Adapun dibawah ini, syarat-syarat yang Ayah Bunda patut perhatikan sebelum melaksanakan aqiqah. Yang pertama yaitu jenis hewan yang akan disembelih untuk aqiqah.

Ayah Bunda perlu mengetahui bahwa ada tiga jenis hewan yang dapat Ayah Bunda gunakan untuk aqiqah. Tiga jenis hewan tersebut adalah kambing, domba, serta biri-biri. Yang terpenting adalah, hewan yang digunakan haruslah hewan mamalia kecil.

Kemudian, syarat yang kedua yaitu adalah jenis kelamin hewan yang akan disembelih. Untuk aqiqah, Ayah Bunda tidaklah perlu khawatir harus memilih jenis kelamin apa.

Islam sesungguhnya memudahkan para umatnya, sehingga Ayah Bunda dapat memilih hewan dengan kelamin jantan ataupun betina karena dinilai sama saja dan tidak ada masalah.

Menurut sabda Nabi Muhammad SAW, bukan menjadi sebuah kemudharatan apabila Ayah Bunda memilih kambing jantan ataupun kambing betina.

Syarat berikutnya yaitu adalah umur hewan yang akan disembelih untuk aqiqah. Perlu Ayah Bunda ketahui bahwa umur kambing yang akan disembelih ketika aqiqah disamakan dengan umur kambing untuk kurban.

Biasanya, untuk jenis hewan domba atau biri-biri, Ayah Bunda cukup memilih yang berumur satu tahun atau kurang sedikit.

Sedangkan untuk jenis hewan kambing, Ayah Bunda cukup memilih yang berumur dua tahun dan akan masuk ke tahun ketiga. Ayah Bunda juga harus memilih kambing yang sehat dan bagus bukan yang cacat atau sakit.

Akhir Kata

Memilih jasa aqiqah dinilai gampang-gampang sulit. Dengan banyaknya jasa aqiqah yang bermunculan, tentu membuat Ayah Bunda menjadi bingung.

Namun, dengan jasa aqiqah Depok, Ayah Bunda tidak perlu khawatir akan kualitas pelayanan untuk aqiqah. Ayah Bunda hanya perlu percaya dan memilih kambing yang bagus sesuai yang Ayah Bunda inginkan.